Tuesday, February 25, 2014

Meneropong Potensi Drenges Melalui Tanaman Jagung


Oleh: Wiwik Saidatur Rolianah dan Zainiyah


             Jagung sebagai salah satu tanaman yang paling banyak tumbuh di Desa Drenges merupakan komoditi andalan kedua setelah padi. Setiap musim, dan setiap petak lahan pasti dapat ditemui tanaman jagung dengan mudah. Masyarakat Desa Drenges lebih memilih menanam jagung karena jagung merupakan tanaman yang mudah ditanam serta perawatannya tidak memerlukan begitu banyak tenaga dan biaya.
            Desa Drenges sangat kaya dengan hasil panen jagung dan harga jualnya juga cukup murah. Karena itu, jika ingin memperoleh jagung dalam skala besar, Desa Drenges dapat menjadi salah satu alternatif pilihan. Masyarakat Drenges terbiasa mengeringkan jagung yang telah dipanen karena itu lebih menguntungkan. Jagung pipil kering di Desa Drenges mudah didapat dengan harga 2.500 hingga 3.000 per kilo. Jagung pipil merupakan panganan pokok hewan ternak. Bahan utama tepung jagung, emping jagung, dan tentunya bisa untuk yang lain.
            Dengan demikian, bagi peternak ayam atau bebek, pengusaha makanan berbahan tepung jagung ataupun pembuat emping jagung dapat memnfaatkan hasil ladang jagung yang melimpah ruah di Desa Drenges sebagai pemasok utama, karena daur kehidupan jagung di Desa Drenges tidak ada surutnya,

No comments:

Post a Comment