Tuesday, February 25, 2014

MERAJUT HARAPAN DENGAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM


Oleh: Wiwik Saidatur Rolianah dan Zainiyah
 
Jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang kaya dengan gizi dan manfaat bagi kebaikan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian,dapat diketahui bahwa dalam 1 ons jamur tiram mengandung 45,66 mg kalori, 8,9 mg kalium, 1,9 mg bei, 17 mg fosfor, 0,15 mg vitamin B1, 0,75 mg vitamin B2, dan  12,40 mg vitamin C.
Jamur tiram sangat berkhasiat sebagai antitumor, antioksidan, penurun kolestrol, serta pelancar pencernaan. Selain itu, kandungan folic acid yang tinggi juga dapat membantu penyembuhan penyakit anemia. Dengan keragaman manfaat yang ada dalam jamur tiram, saat ini mulai banyak orang yang menggemarinya untuk dikonsumsi sehari-hari. Jadi, dapat dikatakan bahwa peminat jamur tiram semakin melonjak.
Namun, sayangnya jamur tiram yang biasanya hanya dapat tumbuh di daerah dataran tinggi dengan kisaran suhu 280C – 300C  membuat orang kesulitan membudidayakannya. Akan tetapi..        TUNGGU DULU!!!! Hal ini tidak lagi berlaku di daerah Bojonegoro. Meski Bojonegoro bukanlah kawasan dataran tinggi, namun ada suatu pusat budidaya jamur tiram yang mampu menyukseskan pembudidayaan jamur tiram hingga skala besar. Pusat budidaya jamur tiram berada di Desa Drenges Dusun Krajan Kecamatan Sugihwaras memiliki nama Drenges Tiram Center (DTC). Selain sebagai pusat pembudidayaan jamur tiram, DTC juga berperan sebagai pusat pembuatan baglog (media pertumbuhan jamur tiram) dengan harga yang sangat terjangkau, yakni RP 2.000/baglog yang dapat dipanen hingga 4 kali.
Selain menguntungkan, penanaman jamur tiram merupakan penanaman yang paling higienis karena jamur tiram hanya dapat tumbuh  di media yang bersih dan higienis. Demikian pula dengan baglog yang telah habis panennya pun juga dapat digunakan sebagai pupuk organik sehingga dapat dikatakan jika pembudidayaan jamur tiram ramah lingkunagn karena tidak menghasilkan limbah sama sekali (limbah nol persen). Ayo kapan lagi memperoleh budidaya tanaman yang menguntungkan ini??? Segera datang ke Drenges J

No comments:

Post a Comment